Cara Memperbaiki Keyboard laptop asus yang error windows 10 - Dunia Aplikasi

Cara Memperbaiki Keyboard laptop asus yang error windows 10

Sumber pixabay

Anda pasti pernah mengalami Keyboard PC anda tiba tidak berfungsi pada saat di gunakan. Masalah Keyboard tidak betfungsi bukan hal yang jarang melainkan hal yang sudah biasa di alami oleh para client PC. Hal ini ada beberapa faktor bisa itu karena programming atau bisa juga masalah equipment. Terus untuk cara memperbaiki Keyboard yang tidak berfungsi bagaimana?..

Tentunya anda jangan panik dan galau ada banyak solusi dan cara untuk mengatasi masalah kayboard yang tidak berfungsi.

Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi

Kemungkinan ada 2 penyebab yang biasa sering terjadi pada PC tidak berfungsi, bisa dikarenakan masalah pada programming atau equipment. pastikan ini jangan sampai anda lewatkan, kerena ini bisa berdampak parah kalo terjadi dan butuh penanganan yang sangat tepat dalam memperbaiki Keyboard PC yang rusak.

Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa penyebab Keyboard PC tidak berfungsi berikut:

1. Penuh debu atau sisa makanan

Debu atau sisa makanan yang jatuh di sela Keyboard bisa menjadi faktor utama mengapa sebagian Keyboard menjadi tidak berfungsi.

2. Tersiram air

Keyboard yang tersiram atau terkena tumpahan benda cair tentu saja akan berdampak pada bagian dalam keyboard yang membuatnya menjadi rusak.

3. Gangguan equipment

Hal ini bisa berupa bantalan keyboard yang sudah mulai tidak sensitif ataupun longgar.

4. Gangguan programming

Beberapa programming pada PC atau komputer tidak cocok digunakan dengan keyboard.


Cara Mengembalikan Fungsi keyboard Seperti Semula

Jika sudah telanjur rusak tanpa tahu penyebab pastinya, hal yang mesti kamu lakukan adalah dengan mencoba berbagai langkah darurat sebagai upaya untuk bisa mengembalikan fungsi keyboard PC. Apa saja? Berikut ini, tim Qoala sudah merangkum berbagai cara memperbaiki keyboard PC yang tidak berfungsi sebagian maupun complete.

1. Cek Num Lock

Cara memperbaiki keyboard PC yang pertama adalah dengan mengecek tombol Num Lock. Salah satu penyebab keyboard tidak berfungsi secara tiba terkadang datang dari kesalahan pengguna PC sendiri.

Salah satu yang withering sering terjadi adalah dikarenakan tidak sengaja mengaktifkan fitur Num Lock. Fungsi Num Lock sendiri yakni berfungsi untuk mengkonversi bagian keyboard utama yang berperan sebagai keypad numerik.

Saat Num Lock aktif, maka hampir sebagian console tidak berfungsi dengan typical. Untuk menonaktifkan Num Lock, kamu bisa menekan tombol Fn dan kombinasikan dengan tombol "NumLk" secara bersamaan. Namun, hal ini juga tergantung dengan jenis atau model keyboard laptop yang kamu gunakan.

2. Restart laptop

Jika Num Lock memang bukan menjadi penyebab utama console tidak berfungsi, maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan me-restart laptop atau komputer. Me-restart laptop merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi pada laptop atau komputer, termasuk keyboard mistake.

Jika laptop tidak merespon saat di-restart, kamu bisa mencobanya dengan menekan tombol power selama beberapa detik.

3. Lakukan Framework Reestablish

keyboard laptop masih tidak berfungsi setelah di-restart? Maka cara memperbaiki keyboard laptop berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan framework reestablish. Jika keyboard laptop tidak berfungsi di windows 7 atau windows 8, pilih Start Menu ketik "Recuperation". Sedangkan untuk windows XP, klik Start > All Program > Adornments > Framework Devices, kemudian pilih "Framework Reestablish".

4. Perbaiki Driver keyboard

Masalah selanjutnya yang bisa jadi penyebab keyboard laptop tidak berfungsi semua adalah karena terjadi blunder pada driver. Hal ini bisa terjadi saat menginstall programming yang terdapat infection. Untuk memastikannya, kamu bisa langsung mengeceknya di Gadget Supervisor pada bagian keyboard.

Jika kamu menemukan tanda segitiga kuning, maka itu tandanya driver keyboard yang anda gunakan sedang bermasalah. Untuk mengatasinya, download dan introduce driver terbaru di site resmi merek laptop anda.

5. Cek Pengaturan Console

keyboard laptop mengetik sendiri? Jika iya, mungkin yang harus kamu cek adalah bagian pengaturan keyboard. Pada beberapa kasus, keyboard dengan fitur program bawaan terkadang tidak berfungsi dengan baik. Salah satu contohnya, jika kamu pernah mengatur "Rehash Postponement" terlalu singkat, membuat tombol keyboard saat ditekan sekali seperti ditekan berkali-kali.

Masalah ini bisa kamu atasi dengan cara berikut:

  • Pergi ke Start Menu, lalu pilih Control Board
  • Kemudian pilih Straightforward entry
  • Klik tombol Make the console simpler to utilize
  • Lalu klik set up channel key dan pilih Uncheck All

Jika sudah mengikuti cara memperbaiki keyboard laptop yang tertera di atas, cek kembali apakah keyboard sudah berfungsi dengan ordinary. Jika masih mistake, nonaktifkan setting Tacky Keys pada menu di atas.

6. Ganti keyboard

Jika beberapa cara memperbaiki keyboard laptop tadi masih belum bisa memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi semua, maka bisa jadi penyebab kerusakan keyboard terjadi pada design nya. Masalah yang terjadi pada design bisa menyebabkan keyboard masih berfungsi sebagian, tetapi huruf yang ditekan tidak sesuai dengan yang muncul pada layar

Untuk memperbaiki settingan design yang mungkin berubah, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Klik Start Menu
  • Looking "Language" pada kolom pencarian
  • Pilih bahasa yang ingin kamu gunakan
  • Pilih Choices, kemudian pastikan tulisan "US QWERTY" terletak di bagian bawah Consoles pada halaman berikutnya
  • Kamu bisa hapus beberapa design console yang tidak diperlukan

7. Bersihkan keyboard dari Debu atau sisa Makanan

Tidak semua keyboard laptop mengalami rusak all out, ada juga sebagian tombolnya saja yang tidak berfungsi, tetapi tombol yang lain masih bisa digunakan dengan ordinary. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh debu ataupun sisa makanan yang berada di bagian sela keyboard, sehingga tombol keyboard terhambat oleh debu dan sisa makanan yang menumpuk.

Tak perlu membongkar keyboard membersihkannya dari kotoran dan debu. Kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut ini:

  • Pastikan PC atau komputer dalam keadaan mati
  • Miringkan PC pada posisi 90 derajat dengan tujuan agar lebih memudahkan kamu untuk membersihkan debu
  • Pada posisi soiling tersebut, goyang kan laptopmu agar debu atau sisa makanan yang ada pada sela console jatuh
  • Bersihkan bagian sela dan bawah console dengan selotip
  • Lakukan secara berulang sampai console benar bersih dari kotoran dan debu yang tebal

8. Lepas Baterai PC

Mereset PC dipercaya dapat memperbaiki beberapa masalah yang terjadi pada PC, salah satunya keyboardyang tidak berfungsi. Dengan cara ini, bisa jadi console PC yang rusak bisa berfungsi kembali. Berikut langkah-langkahnya:

Matikan PC

Setelah tunggu beberapa saat, lepas connector dan baterai PC, lalu diamkan 2-3 menit.

Dalam posisi baterai lepas, tekan tombol power selama 1 menit

Setelah itu, masukkan kembali baterai PC

No comments for "Cara Memperbaiki Keyboard laptop asus yang error windows 10"