Tips Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Mudah Rusak - Dunia Aplikasi

Tips Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Mudah Rusak

pixabay

Istilah lebih baik mencegah daripada mengobati sepertinya sangat tepat untuk menggambarkan tips tentang merawat Keyboard PC berikut ini. Melihat banyaknya penyebab yang bisa membuat Keyboard PC tidak berfungsi beberapa atau rusak all out, maka perlu kita untuk mengetahui tips merawat Keyboard PC agar bisa bertahan lebih lama.

Penggunaan Keyboard PC sembarangan dapat membuatnya rentan rusak. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan Keyboard PC. Lalu, bagaimana cara merawat Keyboard PC? Simak ulasannya berikut:

1. Bersihkan PC secara rutin

Semua barang, termasuk PC jika dibersihkan secara rutin dan berkala, maka akan lebih awet dan tahan lama. Sayangnya, kebanyakan dari pengguna PC tidak memikirkan kebersihkan laptopnya sendiri. Sebagian besar pengguna PC hanya fokus membersihkan bagian layar saja tanpa memedulikan kebersihan Keyboard.

Salah satu penyebab Keyboard PC mudah rusak adalah karena banyak debu yang menumpuk pada sela tombol Keyboard. Hal inilah yang bisa memicu Keyboard menjadi tidak berfungsi sepenuhnya.

Merawat PC sendiri tidak sesulit yang dibayangkan. Kamu bisa membersihkan PC secara rutin dengan menggunakan bahan yang praktis, seperti lap bersih dan kuas khusus. Dengan rutin merawatnya, kamu tak hanya membuat keyboard menjadi tahan lama, tetapi juga membuat kamu lebih nyaman saat menggunakan PC.

2. Hindari minum atau makan di dekat PC

Salah satu kebiasaan buruk yang mungkin hampir pernah dilakukan setiap pengguna PC adalah melakukan aktivitas makan dan minum di dekat PC. Selain debu, remah makanan juga bisa menjadi penyebab utama console menjadi blunder.

Terlebih lagi jika PC yang kamu gunakan kemasukan air. Maka besar kemungkinan console kamu tidak akan berfungsi dengan baik

3. Jangan taruh benda berat di atas PC

Selain makan dan minum dekat PC, menaruh benda berat di atas PC juga menjadi kebiasaan yang kerap dilakukan banyak orang. Tak hanya bisa merusak layar PC, benda berat yang menimpa PC juga bisa berdampak pada komponen lain seperti keyboard. Maka dari itu, usahakan tidak ada benda lain yang disimpan di atas PC.

4. Tekan Keyboard jangan terlalu kencang

Setiap keyboard PC memiliki ketahanan yang berbeda-beda. Tergantung merek dan jenis PC. Namun, alangkah baiknya saat mengetik keyboard usahakan tidak terlalu kencang. Terlebih lagi pada saat PC digunakan bermain game. Biasanya keseruan game membuat orang menjadi terbawa suasana, sehingga menekan keyboard lebih kencang.

Jika hal ini dilakukan terus-menerus, bukan tidak mungkin jika keyboard PC kamu akan mudah rusak. Gunakan keyboard sewajarnya tanpa perlu menekannya secara berlebihan.

5. Gunakan pelindung keyboard

Sesuai namanya, pelindung keyboard atau keyboard cover berfungsi sebagai pelindung keyboard agar terhindar dari debu maupun cairan. Selain itu, penggunaan keyboard cover juga bisa kondisi keyboard tetap bersih dan tahan lama.

Untuk harga keyboard cover sendiri tergolong murah dengan berbagai macam variasi. Dengan menggunakan keyboard cover, kamu bisa dengan tenang makan maupun minum di dekat PC tanpa perlu takut terkena percikan air.

Hanya dengan harga yang relatif murah, kamu bisa melindungi keyboard dari berbagai penyebab kerusakan.

Itu tadi beberapa cara memperbaiki keyboard PC rusak atau tidak berfungsi yang bisa kamu coba. Bagi sebagian orang, merawat keyboard mungkin bukan sesuatu yang penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, tak sedikit keyboard PC rusak terjadi karena kesalahan penggunanya sendiri. Walaupun harga administration keyboard tidak semahal administration layar PC maupun layar HP rusak, tetapi keduanya memiliki fungsi yang sama penting.

No comments for " Tips Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Mudah Rusak"