Rekomendasi Notebook Untuk Mahasiswa Yang Bagus - Dunia Aplikasi

Rekomendasi Notebook Untuk Mahasiswa Yang Bagus

Berbagai aktivitas mahasiswa, mulai dari presentasi, pengolahan data, pembuatan makalah, hingga pembuatan karya seni, semuanya membutuhkan laptop. Beberapa merk seperti Asus, Lenovo, Acer, dan HP, biasanya menjadi merk laptop terbaik yang banyak digunakan mahasiswa. Harga laptop untuk mahasiswa sangat bervariasi, tentunya tergantung pada spesifikasi yang ditawarkan. Berikut ini berbagai rekomendasi-nya untuk Anda.

Memilih laptop untuk mahasiswa terbilang gampang-gampang susah, karena laptop ini akan sangat berpengaruh terhadap proses belajar. Oleh karena itu, coba pertimbangkan beberapa hal di bawah ini untuk memilih laptop terbaik yang cocok bagi kebutuhan kuliah.

Cara Memilih Laptop Terbaik untuk Mahasiswa

1. Menyesuaikan CPU dengan kebutuhan

Prosesor, sebagai otak dari laptop, menjadi salah satu komponen yang sangat berpengaruh pada performa laptop. Laptop dengan prosesor berkemampuan tinggi, tentunya dijual dengan harga tinggi juga. Jadi tips pertama dalam memilih laptop untuk mahasiswa adalah menyesuaikan CPU dengan kebutuhan penggunaan laptop.

Rekomendasi laptop untuk mahasiswa jurusan multimedia, desain grafis, teknik, atau sejenisnya, biasanya minimal berprosesor Intel Core i7 atau AMD Ryzen. Laptop spesifikasi tinggi ini dibutuhkan untuk menginstal aplikasi berat, seperti AutoCAD untuk mahasiswa teknik sipil. Selain butuh tempat penyimpanan besar, proses render gambar dari berbagai aplikasi itu biasanya membuat prosesor bekerja lebih keras.

Laptop untuk mahasiswa jurusan teknik informatika dan sejenisnya, minimal memiliki prosesor Intel Core i5. Mahasiswa jurusan ini biasanya akan diminta menggunakan aplikasi bahasa pemrograman yang butuh spesifikasi laptop cukup tinggi. Untuk mahasiswa yang butuh mengolah banyak data, misalnya mahasiswa jurusan akuntansi, sebaiknya juga menggunakan laptop dengan prosesor Intel Core i5.

Sedangkan laptop untuk mahasiswa yang tidak membutuhkan aplikasi terlalu berat dalam proses belajarnya adalah Intel Core i3 atau Intel Celeron. Laptop dengan spesifikasi itu sudah sangat cukup untuk menjalankan aplikasi standar, seperti Microsoft Office. Selain itu, laptop Intel Celeron dan Intel Core i3 sudah sangat nyaman digunakan untuk browsing hingga menonton film.

2. Mengecek ukuran layarnya

Untuk mahasiswa dengan mobilitas padat, laptop yang berukuran 11 hingga 13 inci sudah bisa menjadi pilihan yang cocok. Laptop seukuran itu cukup praktis dibawa ke berbagai tempat, dimasukkan ke backpack maupun tas selempang. Namun laptop tersebut masih belum mendukung berbagai aktivitas multimedia yang biasanya memerlukan laptop berukuran minimal 15 inci.

3. Meneliti spesifikasi laptop

Bukan hanya prosesor dan ukuran layar, spesifikasi lain juga perlu diperhatikan ketika memilih laptop untuk mahasiswa. Berikut selengkapnya.

Pertama, media penyimpanan, yaitu HDD (hard disk drive) dan SSD (solid state drive). Harga HDD memang lebih murah dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan SSD, namun SSD unggul dalam performa dan daya tahan. Laptop dengan penyimpanan SDD biasanya juga lebih cepat ketika loading, transfer data, dan booting dibandingkan dengan HDD.

Kedua, RAM yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan laptop. Rekomendasi Laptop untuk mahasiswa yang dibutuhkan untuk mengoperasikan banyak aplikasi minimal sebesar 8 GB. Semakin besar RAM-nya, semakin banyak aplikasi yang bisa dibuka bersamaan tanpa memperlambat kinerja laptop.

Ketiga, resolusi layar FHD atau 1920 x 1080 piksel untuk kualitas gambar yang memuaskan. Resolusi FHD juga akan membuat Anda nyaman ketika membuka aplikasi pengolah gambar, misalnya Adobe Photoshop, Corel Draw, atau Autodesk 3ds Max.


10 Rekomendasi Laptop yang Bagus untuk Mahasiswa

Dari uraian di atas, Anda sudah mengetahui apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika memilih laptop untuk mahasiswa. Berikut ini berbagai rekomendasi produk laptop untuk mahasiswa terbaik pilihan ceklist.id lengkap dengan spesifikasi.

1. Acer Aspire 3

Rekomendasi laptop untuk mahasiswa pertama adalah Acer Aspire 3 yang memiliki spesifikasi baik namun tetap terjangkau. Ada dua tipe yang ditawarkan di pasaran, tipe A314-35 dan A315-41G-R38X.

Memiliki monitor berukuran 14 inci, Acer Aspire 3 A314-35 juga sudah mempunyai kapasitas SSD sebesar 256 GB yang akan sangat membantu untuk memasang banyak aplikasi. Kerennya lagi, masih ada satu slot HDD pada laptop ini untuk memperbesar ruang penyimpanannya. Dengan prosesor Intel® Celeron® N5100 Quad-core processor dan RAM 4 GB DDR4 memory, produk ini sudah mumpuni sebagai laptop untuk mahasiswa yang tidak membutuhkan banyak aplikasi berat.

Kalau tipe A315-41G-R38X, menggunakan prosesor AMD RYZEN R7 2700U 2.2GHz – 3.8GHz, RAM 4GB DDR4, penyimpanan HDD sebesar 2TB HDD, ditambah dengan slot SSD hingga 1TB. Seperti Acer Aspire 3 A314-35, produk ini juga memiliki monitor berukuran 14 inci resolusi HD. Spesifikasi itu membuatnya sudah bisa digunakan sebagai laptop untuk mahasiswa dalam menunjang kegiatan belajarnya.

Baik Acer Aspire 3 A314-35 maupun A315-41G-R38X kompatibel dengan sistem OS Windows 10 atau 11. Keduanya dijual dengan harga sekitar 4 jutaan sampai dengan 6 jutaan.

2. HP Pavilion

Salah satu pilihan laptop untuk mahasiswa dengan spesifikasi cukup tinggi adalah HP Pavilion. Untuk tipe 14-CE3011TX, ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-1035G1 Gen 10 dengan tambahan Intel Turbo Boost yang bisa mencapai kecepatan hingga 3.6 GHz. Ruang penyimpanannya berupa SSD dengan kapasitas 512GB dan RAM 8GB DDR4 2666MHz yang masih bisa di-upgrade.

Laptop ini mempunyai layar berukuran 14 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang menghasilkan gambar sangat jernih. Sistem OS yang digunakan adalah Windows 10. HP Pavilion 14-CE3011TX dijual dengan harga sekitar 10 jutaan rupiah.

Untuk spesifikasi yang lebih tinggi, ada tipe Aero Laptop 13-be0000AU. Laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 5 dengan penyimpanan SSD 512GB, RAM 16 GB, dan kompatibel dengan Windows 10. Monitornya berukuran 13,3 inci WUXGA (1920 x 1200) berteknologi panel IPS yang membuat sudut pandangnya tampak lebih luas. Ditambah lagi kualitas layar FHD dengan anti-glare yang menghasilkan tampilan monitor tetap tajam meski digunakan di luar ruangan.

HP Pavilion di atas cocok sebagai laptop untuk mahasiswa yang kuliah di jurusan teknik informatika. Selain karena spesifikanya canggih, bobot laptop juga kurang dari 1 kg sehingga mudah dibawa-bawa. Harga laptop ini di pasaran sekitar 13 jutaan rupiah.

3. Lenovo IdeaPad

Lenovo IdeaPad tipe S145 bisa menjadi salah satu pilihan laptop untuk mahasiswa dengan harga terjangkau namun spesifikasi cukup tinggi. Prosesor yang digunakan adalah Intel Celeron Gen-8 Whiskey Lake 4205U 1.8GH dengan penyimpanan SSD 256GB dan RAM 4GB. Monitornya berukuran 14 inci HD dan sudah dilengkapi teknologi Audio Dolby Stereo. Anda bisa membeli laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 ini dengan harga dibawah 5 juta.

Untuk mahasiswa dengan banyak tugas dan butuh laptop berkapasitas penyimpanan lebih besar, bisa menggunakan Lenovo IdeaPad tipe 330. Ruang penyimpanannya sebesar 1TB, RAM 4GB, dan ditenagai oleh prosesor AMD APU A9-9425. Laptop ini didesain dengan monitor berukuran 14 inci FHD yang menghasilkan gambar cukup tajam. Harga jual Lenovo IdeaPad 330 sekitar 4 jutaan sampai 5 jutaan rupiah.

4. Apple MacBook Pro M1

Berbeda dengan laptop pada umumnya yang menggunakan Intel, Apple MacBook Pro M1 menggunakan prosesor buatan sendiri, yakni chipset M1. Apple memang cocok sebagai laptop untuk mahasiswa yang mengambil jurusan teknologi dan sejenisnya. CPU 8-core di dalamnya diklaim mempunyai performa 3,5x lebih cepat dibanding pendahulunya. Sedangkan GPU-nya bisa bekerja 5x lebih cepat untuk aplikasi yang cukup berat.

Selain itu, Apple MacBook M1 mempunyai ruang penyimpanan sebesar 256 GB SSD dan RAM 8 GB. Monitornya berukuran 13.3 inci dengan teknologi IPS (2560 x 1600) yang membuat tampilan grafisnya sangat jernih dan tajam. Seperti harga produk MacBook tipe lain yang cukup tinggi, harga Apple MacBook M1 juga lumayan, sekitar 20 jutaan rupiah.

5. Axioo My Book 11 Lite

Kalau membicarakan rekomendasi laptop untuk mahasiswa, tidak lengkap tanpa memasukkan Axioo My Book 11 Lite ke dalam daftar. Meski harganya murah, namun spesifikasi laptop ini sudah bagus dan mumpuni untuk menunjang aktivitas belajar mahasiswa.

Ditopang oleh prosesor Intel Atom X5 Z8350 dengan RAM 4GB, dan penyimpanan EMMC 64GB yang ditambahkan MicroSD 64GB, menjadikan laptop ini sudah cukup untuk menyimpan banyak data. Ukurannya layarnya yang hanya 11 inci HD membuat laptop untuk mahasiswa ini mudah dibawa-bawa. Axoo My Book 11 Lite biasanya dijual dengan harga sekitar 2 jutaan sampai 3 jutaan rupiah saja.

.

.

Sumber : ceklist.id

No comments for "Rekomendasi Notebook Untuk Mahasiswa Yang Bagus"